Senin, 23 Februari 2015

Merajut asa indah di selatan kota malang

Awal februari 2015 saya menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi pantai yang eksotik di tanah jawa timur ini. Perjalanan kami mulai dari surabaya-sidoarjo-gempol-pandaan-lawang-malang-kepanjen-lokasi(pantai balekambang)
Kurang lebih perjalanan memakan waktu 4 jam, mungkin karen baru pertama kali jadi masih banyak nyasar dan harus putar balik dan akhirnya memakan waktu kami.
Tak apa, bagi kami kesasar adalah cara kami untuk menikmati perjalanan, yang penting tidak kesasar di hati sobat dan sohib pembaca . . .  Hehehe Piiss
sedikit cerita nih, pastikan motor anda dalam kondisi fit , atau susah sendiri nanti jika motor ngadat, ban males berputar alias bocor.. hehe
tapi pada aslinya jalan menju pantai dari surabaya sampai lokasi pantai sudah bagus kok, gak ada hambatan.
Singkat cerita sesampai dilokasi , seperti biasa khas dipantai kita harus mencicipi es degan sob, biar dahaga diperjalanan terhapuskan. setuju gak???
key, skrg kita nikmati pantai ciptaan Allah swt ini, indah negri indah nusantaraku, subhanallah memang indonesia penuh potensi wisata alam nya. sejauh mata memandang hanya rasa kagum , hamparan pasir yang masih putih dan tak ada kotoran memang memanjakan mata, Bak mutiara dihamparkan disepan mata. Haha < lebay yaaa......
fasilitas lumayan lengkap, ada hotel menghadap pantai, yah walaupun tak seperti yg kita bayangkan sob, hotelnya masih belum dikelola baik ada kaca2 yang lubang, xixixix . bahaya juga tuh.
nah yang spesian nih kalian bisa menemukan cafe disana, lumyan bagi kalian yang suka orkes melayu atau dangdut. sambil santai live music menunggu sunset.
bagi para backpacker atau petualang juga ada pilihan, terdapat penyewaan tenda biru ( hehe kaya lagu ) kemaren sih 100.000 sepuasnya. bisa agan pakai untuk 5-10 orang, kerenya lagi nih motor agan pun bisa dimasukkan tenda itu.
Nah ni urusan yang paling vital , untuk masalah konsumsi dipantai balekambang aman kok, banyak warung yang menyediakan makanan sesuai kebutuhan perut agan agan, relatif terjangkau dan enak.
ni review capture yang ane dapat, bisa jadi referensi temen2 untuk menelisik pantai yang super ini. bisa renang lho, airnya bersih ombak nya beda dah dari yang dulu dulu pernah aye kunjungi.
selamat berkunjungi.
Lestarikan alam indonesia, jaga alam kita jaga bumi kita ini. salam lestari kawan

Selamat datang di pantai balaikambang

Rabu, 16 April 2014

Senin, 04 November 2013

Kawah Merapi

Kamis tanggal tua bullan oktober 2013 pukul 21.00 dari kampus Universitas Setia Budi tercinta kaki melangkah menuju peraduan keindahan yang diciptakan Tuhan YME. Panorama dan lestari alam Gunung Merapi. Masih tampak sama, tak ada perubahan dengan wajah merapi pada tahun 2012, masih cantik...

usb-terminal tirtonadi-solo-boyolali-cepogo-selo-newselo-basecamp merapi.

makan at pasar bubrah
 puncak merapi
kawah merapi 2013

harapan hidup mengalir ,menyusuri tapak nampa tilas, berbudaya namun tak berjiwa mulia, ketika kita murka akan nafsu dunia.
dibalik ufuk dunia, jika kita sadar masih banyak keindahan yang terlukis diatas bumi ini. kemurkaan kita tak sepantas ketika kita mengetahui kebesaran Tuhan menciptakan alam yang indah ini.(AMH)

Selasa, 16 Juli 2013

Pantai Pok Tunggal

Susana cukup bersahabat.
Suasana cukup bnyak bintang gemintang.
Suasana yang harus di nikmati.
Namun cukup mendebarkan ombak tak kunjung tenang.
Camar tak arang berburu sang ikan.
Walau langit tak bersahabat.
Kilat menyambar di ufuk luas samudra.

Dan keyakinan pun pasti ada saat indah itu
Pelangi tampak disela karang yang berdiri kokoh menghalau raungan ombak.
Tak ragu lagi inilah kuasa ciptaan Allah swt.
Begitu besar dan agung maha karya cipta indah pesona alam yang terlihat.

Semilir angin sedikit  mengusap kusam warna langit nan jauh diatas.
Berganti surya yang gagah memandang bumi.
Diatas bahtera karunia itu ucap syukur terucap.
Semoga alam senantiasa terjaga dan lestari.

Pantai pok Tunggal, salah satu pantai di pesisir gunung kidul. tak kalah eksotik dengan pantai2 di indonesia lainya. garis pantai cukup panjang, sisi kanan dan kiri dikelilingi tebing, sehingga cukup menarik jika ber ekspolorasi menjelajah tiap sudut pantai ini. aturan cukup ketat dipantai ini, terutama dalam hal kebersihan, terbukti dengan banyaknya peringatan berkenaan dengan kelestarian dan keperawanan ni pantai, tak urung peringatan dari sukarelawan sering di lontarkan kepada para pengunjung.

Cuaca agak tidak bersahabat kala itu, sehingga prosesi "ciburan" gak dilakukan, mungkin fenomena supermoon yang menyebabkan gelombang ombak cukup tinggi. Tak mau ambil resiko, tak a view aja disini.
Benar juga, diberitakan disisi pantai dantul diterjang gelombang tinggi hingga rumah2 warga mengalami kerusakan.

Tetap lestarikan keindahan alam. salam lestari. bersahabat dengan alam lebih baik daripada kita memusuhi dan berdendang perang dengan mengotori waah bumi ini..

see you next journey_amh

Selasa, 29 Januari 2013

Pendakian Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan yang tertinggi ke-3 setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet di pulau Jawa dengan ketinggian 3371 mdpl. Gunung yang letaknya besebelahan dengan Gunung Sindoro ini kenyataannya memang sudah tidak aktif lagi. Gunung Sumbing merupakan
gunung bertipe strato (kerucut). Gunung ini terletak di kawasan kabupaten
Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah. Kondisi puncaknya terdiri atas tebing
batu cadas yang menjulang tinggi dan disekitarnya banyak dijumpai kawah - kawah kecil yang mengeluarkan asap belerang. Puncak Gunung Sumbing terdiri atas dua puncak, Puncak Buntu, dengan ketinggian 3.362 m dpl dan puncak Kawah, dengan ketinggian 3.372 m dpl.

poto makan makan -

Belum berangkat sudah makan, ya itulah kawan kawan saya. Yang penting happy saat ada tugas bangsa.langsung menuju gambar berikutnya...

""Istirahat Sambil Menikmati view Gunung Sindoro""

Berangkatnya kapan dah nge camp aja, ya begitulah kawan kawan saya ini. yang penting happy lagi. oke dilanjut gambar berikutnya....

View kawah Gunung Sumbing

Untuk perjalanan menuju kawah memang harus berjalan turun, tidak begitu terjal, tapi waspada aja.. itu yang paling utama..

View Dikampus Tercinta USB-Bungker Wapala Exess

Nih poto kok dah sampe kampus. kapan Pulang nya Coi.... oke, selamat ya buat pendakian wajibnya...

Ni dia .....
Yang nulis agak eror,,

Rabu, 19 September 2012

Mahameru "Puncak Para Dewa"

Gunung semeru adalah satu-satunya gunung tertinggi di pulau Jawa. Pendakiannya membutuhkan waktu tidak cuma sehari dua hari, kenapa? karena kita akan rugi jika tiap jengkal kaki langkah kita tidak diiringi ucap sukur akan panorama keindahan yang disuguhkan oleh Allah swt.Gunung semeru memiliki ketinggian 3676 mdpl, pendakian dimulai dari basecamp Ranupani 2200mdpl. Panorama alam mulai tersuguhkan ketika perjalanan dimulai dari pasar tumpang menuju Ranupani, dengan sewa Hartop (Rp 450.000,00) milik pak ngadimun kita menyusuri jalan yang berkelok-kelok dan disisi kiri-kanan jurang. memang menakutkan tapi seru. sampai dipertigaan arah ke bromo dan ranupani kami berhenti, sekedar ambil2 poto , rugi kalau gak dibanyakin foto, karena memang mewah dan tak ada duanya . lautan pasir terbentang luas, debu berterbangan seolah menari-nari depan mata kami. Seperti dalam serial teletubies, kami melihat hamparan bukit-bukit yang menguning karena kemarau panjang, namun sama sekali tak mengubah keindahanya.jepret-jepret-jepretpun di eksekusi, pak ngadimun-pun ikut beraksi, ya kereeen pak. Mg besok hartopnya dapat diskon "dalam benak kami".Sudah puas dengan potretnya, perjalanan dilanjutkan, sampailah di Ranupani.

Dari Desa Ranupane inilah desa terakhir dan tempat pemeriksaan serta pos untuk melapor bagi para pendaki untuk naik, dan juga terdapat pondok pendaki untuk bermalam dan beristirahat. Desa Ranu Pane merupakan perkampungan kecil yang juga merupakan bagian dari Desa Suku Tengger, pekerjaan mereka pada umumnya bertani sayur-sayuran. Selain terdapat Ranu (danau) Pane, disebelahnya terdapat Ranu Regulo. Setelah semua persyarakan selesai, kami packing ulang dan dilanjutkan perjalanan menuju ranukumbolo.

Jalur yang kami gunakan adalah jalur Watu Rejeng. Dengan waktu tempuh 4 -5 jam. Jalur ini sekarang sudah dikembangkan untuk kepentingan wisata, sehingga terkesan lebih mudah dan bersahabat bagi pendaki pemula. Di setiap perjalanan akan ada beberapa Pondok (shelter) yang biasanya digunakan untuk beristirahat sejenak. Setelah berjalan sekitar 5 Km menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi Edelweis, para pendaki akan sampai di Watu Rejeng, merupakan terbing terjal dengan pemandangan yang sangat indah ke arah lembah dan bukit-bukit, yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus. Sesekali kita dapat melihat kepulan asap dari puncak semeru. Tak berapa lama pendaki akan melihat danau yang sangat luas yaitu Ranukumbolo (12 Ha) dengan ketinggian 2.400 m dpl. Kelihatanya mulus ya perjalanannya, tapi apa yang terjadi? kami tersesat sesaat sampai ranukumbolo. hampir 2 jam kami muter-muter ditempat itu saja, yah namanya dah capek asa pun datang. namun secercah harapan kita ketemu 2 pendaki dari jakarta, darisana kita akirnya sampai camp ranukumbolo. Allhamdulillah, tendapun didirikan, bongkar tas carrier, masak, cuci kaki dan tangan langsung Tilem ( tidur ).  Mentaripun perlahan menerangi lelap tidur kami, waktu yang gak boleh dilewatkan, sunrise di ranukumbolo harus di Potret. Akirnya narsispun terjadi, setelah semalam tidur dalam tubuh yang lelah, terbayar dengan suguhan Alam nan indah. jepret-jepret-jepret., tak sadar disamping kita ada crew film 5cm sedang ambil gambar. Gak nyangka bener, yang kemaren baru baca novelnya, di Ranu kumbolo bisa lihat scene pengambilan gambar film-nya.  Fajar menyinsing kamipun berniat mandi, sebenere dilarang keras karena berbahaya.

Kami bermalam di Ranu kumbolo 2 malam, kenapa? rugi coy gak dinikmatin, gak ada duanya Ranu kumbolo teh. Malampun tiba, dingin menyeruak, angin berderu kencang seperti aungan singa, tubuh bergetar. Pikiran dan otak pun bekerja, disudut sebelah tenda kami ada api unggun, akirnya satu persatu kita nunut ngiyup nyuwun angete geni. Ternyata porter dan crew Film 5cm yang membuat api unggun, kamipun disambut hangat dan saling berceloteh. senda tawa dan gurau pun pecah dihening malam itu, cerita2 mistis, lucu, serta kejadian2 saat pengambilan gambar diceritakan salah satu porter " namanya pak Rian temen2nya nyebute Riyani Jangkaru" obsesi kali yeee. sambil menikmati secangkir kopi panas, sedikit terdiam dengan Motivasi pak sutradara kalo gak salah sih, " manusia pasti punya kekuatan untuk meraih segala sesuatu, namun yang membedakannnya adalah mental dari masing2 manusia tersebut". Banyak pendaki yang tidak mencapai puncak mahameru karena memang sulit medan tempuhnya, namun jika mental kuat pasti kalian sampai. Malam mulai larut, waktunya tidur, dan bersiap menuju kalimati esok harinya.

Meninggalkan Ranu Kumbolo akan diawali mendaki bukit terjal, bukit ini oleh para pendaki disebut sebagai tanjakan cinta. Menurut mitos yang ada jika pendaki dapat mendaki tanjakan cinta tanpa berhenti sedikitpun sampai ujung tanjakan maka cintanya akan abadi selamanya. Perjalanan dari Ranu Kumbolo ke Kalimati berjarak 5 km membutuhkan waktu tempuh 2-3 jam. Setelah tanjakan cinta, terbentang sebuah padang rumput luas yang dinamakan oro-oro ombo, Oro-oro ombo dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah.
Padang rumput ini mirip sebuah mangkuk dengan hamparan rumput yang berwarna kekuningan.Dari balik Gunung. Kepolo tampak puncak Semeru menyemburkan asap menunjukkan kegagahannya. Di sebelah selatan padang rumput Oro-Oro Ombo terdapat kelompok Hutan Cemoro Kandang termasuk dalam gugusan Gunung. Kepolo (3.095 m dpl) merupakan hutan yang ditumbuhi pohon cemara gunung dan tumbuhan paku-pakuan. Setelah cemoro kandang perjalanan berlanjut ke padang rumput luas yang disebut Jambangan yang terletak 3.200 m dpl, di sini terdapat beberapa cemara, mentigi, dan bunga edelweis. Perjalanan menuju kalimati memang tak banyak cerita, karena kita bersepuluh terlarut dalam indahnya Semeru. Namun disela-sela perjalanan kami bertemu teman dari jakarta, post jambangan tepatnya. dari perkenalan ternyata mereka mahasiswa fakultas farmasi, sangat langka bertemu mahasiswa farmasi waktu pendakian. sedikit cerita dan berbagi cerita, sampailah pada kata SKRIPSI. kenapa bisa? Rahasiaa coY...

Nama kalimati berasal dari nama sebuah sungai/kali yang tidak berair. Aliran air hanya terjadi apabila musim hujan, aliran menyatu dengan aliran lahar Semeru. Daerah ini merupakan padang rumput dengan tumbuhan semak dan hamparan edelweis seluas 20 ha, dikelililngi kelompok hutan alam dan bukit-bukit rendah. Kalimati merupakan tempat berkemah para pendaki sebelum melanjutkan pendakian. Disini terdapat fasilitas pondok pendaki, namun untuk kebutuhan air dapat diperoleh dari Sumbermani, yaitu pendaki berjalan ke arah barat / kanan menyusuri pinggiran hutan dengan jarak tempuh 1 jam pulang pergi, di tempat ini terdapat tetesan air dari celah batu yang dikumpulkan sehingga membentuk pancuran air. akirnya pun kita beristirahat dan membuat menu makan siang, sreng sreng goreng acara masak masak pun terjadi, serasa dihotel bintang lima, diatas gunung masih disediakan pondokan. lumayan enak, angin tidak dapat masuk, shgga kami bersemngat buat masak dan istirahat, selesai makan kami main kartu remi dulu, biar gak stres, jarang-jarang dikota bisa main remi dengan suasana alam yang indah " Tidak Judi" dilarang keras. Satu jam kami bermain, mata  sdh sedikit kantuk, waktunya tidur, karena jam 23.00 harus segera nglanjutin pendakiaan ke puncak Mahameru.

Setelah cukup istirahat di pondokan kami packing, 2 botol air mineral dan logistik secukupnya kami masukkan ke daypack, untuk keamanan jangan lupa bawa oksigen dan P3k. Karena medan pendakian menuju puncak mahameru sangat ekstreem, dan banyak menguras tenaga. Tapi ingat, "Jangan menyerah dan selalu berdoa, serta lihat kondisi alam. Jangan menerjang apa yang seharusnya tidak kita terjang, dan berjalan lah dengan kerendahan hati serta kemuliaan niat dari hati".  Kamipun berjalan, langkah kaki berdentum keras " terlalu semangat" nafas berdegup kencang, debu berhamburan karena hantaman sepatu dingin menyeruak menelusup sela jaket, tak ada bonus tak ada ampun, tanjakan selalu berada didepan arah mata kita. Sampai akirnya salah satu tim dari kami sakit, kaki kanan teman kami mengalami cedera dan gak bisa melanjutkan pendakian,  hal yang sangat tidak mungkin meninggalkan salah satu rekan dalam tim dalam keadaan sakit. " Taklukanlah rasa egois jika kalian sudah berada dalam 1 tim".2 rekan kami turun ke post kalimati dan 8 anggota termasuk saya melanjutkan pendakian ke mahameru.

Puncak Mahameru

Eko-Rizal-Agung-Asar-Malik-Rian-Linda-Yuli-Lukman-Yuan

SALAM RIMBA

Minggu, 27 Mei 2012

Rafting sungai Ello

Indah surya menyinari pagi kala itu.. lupa tapi tak ingat waktu itu tanggal berapa saya lupa..maklum, otak dah gak sejalan sama pikiran...hanya sedikt cerita namun banyak kenangan. air yang tenang seakan ganas ketika kita tak menghargainya...hargai alam, maka kita tau betapa sempurna Tuhan sang pencipta alam ..
wah lha kok malah koyo Kampanyee Politikk...

Awal pagi bersama teman-teman berangkat dari solo, pagi buta kala itu..matahari masih mengintip dari ufuk timur..terlihat jelas megahnya keindahan gunung lawu..sepeda kumbang kuiisi sebojok bensin di pombensin depan sma6 ska..perjalanan dibagi 2 kelompok, aksar dkk sudah ngeteM di ums.jam set 7 tepat berangkat lewat jogjakarta menuju magelang, dengan alasan mampir dulu di Univ Stim Ykpn, sampai sana disambut teman2 mapala "Mapeal" ..singkat cerita rembug2 diluk karo mas jafan ,kita pacu sepeda kumbang ke starting camp ello river.sok inggriss"""sambutan baik dari teman2 mapeal, baik ketua umum mbak muslimah, serta staf staf divisi air , sudah menbantu jalanya acara yang mau akan diacarakan...
sik pamer gambar sik.....

agenda demi agenda terlewati, dimulai dengan strecing.. pengarahan teknik2 dasar rafting.. dimulailah pengarungan......

namun apa yang terjadi???

saksikan ceritanya di episode selanjutnya...